Rabu, 12 Juni 2013

Cara Membuat Anti klik Kanan di Blog (dengan gambar)


Anti Klik Kanan Dengan Gambar

Scholovers Blogger | kali ini saya akan mengShare sebuah tutorial blog Cara Membuat Anti Klik Kanan Dengan Gambar. Bukan merupakan tutorial baru. Di blog lain sudah banyak. Tapi tidak ada salahnya kalau mengShare tutorial ini, siapa tahu ada yang membutuhkannya.
Kegunaan dari Anti Klik Kanan ini adalah melarang seseorang untuk mengklik kanan di blog kita supaya tidak bisa mengcopy paste artikel kita lewat Klik Kanan. Untuk yang belum mengerti, kali bisa coba lakukan Klik Kanan di blog saya ini.
Bagaimana? Tertarik membuatnya? Berikut ini adalah Cara Membuat Anti Klik Kanan Dengan Gambar :
  • Pertama, masuk ke Dasboard blog kalian
  • Masik ke Tata Letak
  • Klik Tambah Gadget
  • Kemudian pilih Gadget HTML/JavaScript
  • Masukkan kode dibawah ini :
<script type='text/javascript'>
var DADrightclicktheme = 'Dark';
var DADrightclickimage = 'https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkm1XrSA4WgwAL-L8zwOnlV46WgUo9pu7tQMcP9DmIZSROW9U1Os4Qgf_A5V2BKJlzu1AcFcO7FqyDlex2TUITiCAnby3rrlQ-r1oCGP72gXlMoMUABUlPwM71fjEw4CTrFWJLaCuxHFoi/s1600/No+Right+Click+copy.png';
</script>
<script type='text/javascript' src="http://yondarkness.googlecode.com/files/AntiCopas.js"> </script>
  • Kemudian tinggal diSave
Keterangan :
Ganti kode berwarna BIRU dengan skema blog kalian. Jika blog kalian berwarna dasar gelap, isi dengan Dark. Dan jika blog kalian berwarna dasar terang, isi dengan Light.
Ganti kode berwarna HIJAU dengan URL/Alamat gambar Anti Klik Kanan kalian.
Jadilah Anti Klik Kanan Menggunakan Gambar di blog kalian. Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas, silakan ditanyakan di komentar.

Selasa, 11 Juni 2013

cara membuat peringatan jika blog dalam perbaikan

Scholovers Blogger | hari ini saya akan posting bagaimana cara membuat peringatan jika blog dalam perbaikan, pasti nya sobat ingin mempercantik blog sobat, mungkin ini yang kalian perlukan untuk memberikan peringatan, Misalnya Seperidi bawah ini..!!



Cara Membuat Peringatan kalau blog Dalam Perbaikan


Bila sobat menemui peringatan trsb berarti blog itu dalam proses perbaikan..biar gak langsung menuju link yang ambar adul ( kacau ) seperti itu. Oke setelah sobat baca di atas pastinya sobat ingin tau tutorialnya..


Cara Membuat Peringatan kalau blog Dalam Perbaikan
1. Pertama yang harus sobat lakukan adalah Login Bloger
2. Pada Menu Drob down sobat klik Template 
3. Setelah sobat klik template lalu sobat klik Edit HTML
4. Jangan lupa Centang ]]></b:skin> (untuk lebih mudah   mencarinya tekan Ctrl F atau F3 )

 Copy Code di bawah ini tepat diatas code ]]></b:skin>
html {
height: 100%;
background: url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsb1vbCre0h6dU-hyyz4vDODtNWyKx4Nf0CT_PSPFXvzMh5QbqQOUbT3wzCG_k1u8iRAgwJbFQ23huC5dMHJJ0n3AATPCq5nT3nnQY15LIgNGGtfayroiBbvWocOZJqwA2459AYXKoyqM/s1600/valentino2.jpg) no-repeat center 50%;
margin: 0;
}
body {
display: none;
}
Ganti tulisan warna merah dengan Url salah satu di bawah ini atau sobat bisa kasih url gambar sendiri ...
Pilih Salah satu :

Cara Membuat Peringatan kalau blog Dalam Perbaikan
Url :  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWCmbKOGJ0HDSTsvaO9SyoWNHquhcE1TgOl4JOhYNVcwgdkjX2jd8-l5IUrphoBR1x9TTwNh3m332_VfWGih7t9ddO_jO4cHg9IKmpSErJfb4lMWBCn4jVjLTHZ1HnQo4_8GiuK7dvQnY/s1600/valentino3.jpg
Cara Membuat Peringatan kalau blog Dalam Perbaikan
Url :  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjY65KRAlHMUayg4aiqMG3Elr8qvAmaa1qRSi84nwVjcHxzx4S71AU-pjDm0_RE55A5StElPrtZoZwHPYrAqXzZ6nqbDlGBNr6hymInOodT0G6F-VK_Q7ZXCmuedJ2r25s6Kg_ShXg_eWM/s1600/valentino1.gif


 Url : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg45vDzRDjErSzD4Kluhec1VKI0CuYTKWDHg287fAHrD8K0CrKeMXfaUupQqTYKay8Fq1vRc0jZ0LbqDZS6IXLMdXa08GM0_gQgy-3qxzYo1HlXxEVuIOtPc6PF0KpR90aG70BVZjVT2Bw/s1600/valentino4.jpg
Url : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgm-Mh5TopfM-v-5pia6E2rKrTWf3RMen_ejW3wbOPZFKjgAFwJQ6K6MFtM5P90vcgYysFAp3mHxF4TYq1Yr9Ks_YRVE6jsw-cHKzWsWEcc2V5WyvptC5bGX_Eluc-_TDqMF1x8xZvqvjQ/s1600/valentino5.png
Cara Membuat Peringatan kalau blog Dalam Perbaikan
Url :  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEik5ZhjXABzANfEc70qGUNKQqS4NbcTN2prGCjCSZiyHXwFHyEHXJB6N7ALhNpQvF6LZbX0oy-KRbzPYhn0c0CdxU4k5M35hasHDXb4ef89IiKn0E7f949D_-erZqRDqk3cY9otxQvQ-NU/s1600/valentino2.jpg
5. Kemudian Save Template ..
  Note : kalo sobat ingin menghilangkannya Cari Code di bawah ini
 html {
height: 100%;
background: url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsb1vbCre0h6dU-hyyz4vDODtNWyKx4Nf0CT_PSPFXvzMh5QbqQOUbT3wzCG_k1u8iRAgwJbFQ23huC5dMHJJ0n3AATPCq5nT3nnQY15LIgNGGtfayroiBbvWocOZJqwA2459AYXKoyqM/s1600/valentino2.jpg) no-repeat center 50%;
margin: 0;
}
body {
display: none;
}
 Yang warna merah itu url gambar. sobat bisa ganti dengan yang tadi sobat ambil urlnya
  "Gampangkan.. 
 Semoga Bermanfa'at

Membuat Readmore pada Posting ( Manual )

Pada masa sekarang melakukan kostumisasi alias permak pada blog terbilang sangat mudah, jika di bandingkan pada 10 tahun ke belakang, pada dulu jika kita akan membuat read more atau memenggal isi posting kita harus sedikit melakukan langkah yang terbilang sangat merepotkan

pada masa kini, membuat readmore sangat lah muda, tinggal taruh di mana kita akan memenggal isi posting lalu klik, jadi deh readmore nya

Membuat Readmore pada Posting ( Manual )


1. Sign In di akun Blogger anda
Membuat Readmore pada Posting

2. buat posting baru,

3. pilih tanda seperti gambar diatas, sematkan di mana postingan akan di buat readmore nya.

4. lalu simpan deh postingannya

Membuat Readmore pada Posting

5. Begini nih hasilnya.

semoga bermanfaat

Senin, 10 Juni 2013

Belajar Action Script Flash

Scholovers Blogger | Admin akan menceritakan bagaimana Admin mempelajari action script pada flash. Apabila tulisan ini mendapat repons positif dengan banyaknya dukungan postingan (he he he he kayak ajang pencari bakat aja), Admin akan melanjutkan ke bagian -bagian yang lain.

Teory
Movie clip adalah salah satu jenis simbol yang tersimpan dalam library. Cara membuatnya dengan mengambar langsung di stage lalu di klik kanan > convert to symbol > pilih type movie clip >ok atau dengan pulldown menu insert > new symbol. Jangan lupa untuk memberi nama yang sesuai agar kita dapat membedakan saat tampil di library. Dalam penggunaanya movie clip dapat di modivikasi propertynya mengunakan script. Sebelum kita ubah propertiesnya jangan lupa memberi instance name pada movie clip yang sudah terpasang pada state. Caranya :
Clik movie clip pada stage lalu ubah namanya pada posisi seperti pada gambar dibawah ini :

Pada gambar di atas instance name dari movie clip tersebut adalah mc. Untuk merubah propertiesnya mengunakan scrip gunakan perintah dibawah ini (jangan dijalankan semua Action Script bersama-sama) :
mc._x = 0; //koordinat x
mc._y = 0; //koordinat y
mc._xscale = 100; //rasio x (%)
mc._yscale = 100; //rasio y (%)
mc._width = 100; //lebar (pixel)
mc._height = 100; //tinggi (pixel)
mc._alpha = 50; //tranparan (max 100)
mc._rotation = 15; //rotasi (derajat)
mc._visible = false; //nampak
mc._x = _xmouse; //disamakan koor mouse
mc._y = _ymouse; //disamakan koor mouse

Praktek
Langkah pertama. Buatlah Movie clip dengan instance name mc kemudian isi frame dengan salah satu AS properties seperti teks diatas.
mc._x +=1; //menambahkan 1 nilai di koordinat x
Jalankan animasi buatan sobat dengan menekan ctrl-enter. Kalau sobat amati dengan seksaman terlihat bahwa animasi hanya bergerak sekali.Karena scrip tersebut hanya dibaca sekali (saat loading) maka perubahannya hanya sekali saja.
Langkah kedua. Bila kita menginginkan script dibaca terus (berulang-ulang) maka kita harus membuat script tersebut selalu dibaca hingga properties movie clip selalu berubah.
Ada dua cara yang dapat dilakukan :
1. Menambah 1 frame (frame 1 dan frame 2 sama) pada time line.
2. Atau dengan cara kedua, yaitu merubah AS menjadi berikut:
onEnterFrame = function () {
mc._x +=1;
}

Scrip diatas membuat perintah dibaca berulang-ulang sesuai pergerakan frame (meski frame hanya 1 sebenarnya flash tetap menjalankan frame sesuai dengan frame rate yang telah di set pada properties dokumennya)

Latihan
Pada percobaan di atas telah dicoba mengerakkan ke kanan sebuah movie clip mengunakan action scrip, bagaimana bila gerakanya kekiri? atau keatas atau kebawah atau kombinasinya atau properties properties yang lain? Nah... silahkan dicoba.
Hasil Latihan





Belajar Action Script Flash Dasar #2 : Posisi AS

Perbedaan pemrograman Action Script (AS) Flash dengan pemrogramman yang lain adalah flash memiliki posisi yang berbeda-beda dan format pengunaan yang berbeda pula. Hal ini menjadi keunggulan sekaligus kelemahan AS Flash. Dengan posisi yang berbeda kita dapat menempatkan AS pada posisi yang lebih menguntungkan, tetapi disisi lain akan sangat membingungkan karena kita harus tahu apakan AS tersebut terbaca atau tidak. Jadi ada kemungkinan AS benar tetapi tidak terbaca hingga jalannya program tidak sesuai dengan keinginan.
Action Script pada Frame
Pada posisi ini keberadaan AS ditandai dengan simbul huruf a pada frame yang bersangkutan. Perhatikan gambar kiri dibawah ini


Agar kita membuat script pada posisi yang tepat, clik dahulu posisi yang dikehendaki. Bila ingin membuat AS pada frame, clik frame hingga muncul tulisan Action – Frame di atas docker AS seperti gambar kanan diatas. Lalu ketik listing program pada tempat yang disediakan. Posisi ini telah kita coba pada belajar action script sebelumnya

Action Script pada Button
Pengunaan AS pada button selalu diikuti dengan event. Jadi AS tersebut akan dijalankan pada saat event berlangsung. Bila ingin membuat AS pada button, clik button hingga muncul tulisan Action – Button di atas docker AS seperti gambar dibawah ini. Lalu ketik listing program pada tempat yang disediakan.


Pada gambar di atas terlihat bahwa even yang digunakan adalah on release, Sedangkan even even yang ada pada button adalah :
  • Press (artinya perintah dijalankan saat button ditekan/diklik)
  • Release (artinya perintah dijalankan saat klik dilepas)
  • Release Outside (artinya perintah dijalankan saat klik dilepas di luar button)
  • Roll Over (artinya perintah dijalankan saat mouse berada di atas button)
  • Roll Out (artinya perintah dijalankan saat mouse berada di luar button)
  • Drag Over (artinya perintah dijalankan saat mouse melakukan drag di atas button)
  • Drag Out (artinya perintah dijalankan saat mouse melakukan drag di luar button)
  • Key Press (artinya perintah dijalankan saat tombol keybort yang tertulis ditekan)
Sedangkan mc2._alpha = 50 adalah perintah yang dijalankan saat even terjadi. Disini berarti saat tombol dilepas setelah diklik maka akan menjalankan perintah membuat object transparan 50 %.

Cara membuat AS di button
  1. Buat movie clip kemudian dipasangkan instan name (misalkan mc2)
  2. Ambil tombol yang telah tersedia pada library Button kemudian drag button tersebut ke state, jika tidak ada munculkan dengan perintahwindows > commond libraries > Button.
  3. Klik tombol tersebut lalu pastikan kalau Action yang akan ditulis berada pada button dengan membuktikan seperti gambar diatas.
  4. Tuliskan scrip dibawah ini
  5. on (press) { mc2._rotation += 15; }
  6. Test Movie dengan menekan kontrol enter dan perhatikan perubahan yang terjadi pada movieclip mc2.
Bila sobat tidak melakukan kesalahan, sobat akan membuat animasi seperti dibawah ini




Belajar AS Flash Dasar #3 : AS di movieclip

Ada 3 macam posisi AS dalam flash AS di Frame, AS di Button dan AS di movieclip, untuk yang pertama yang ke dua sudah dibahas pada post sebelumnya. Saatnya sekarang untuk membahas AS di movieclip.
Sama seperti AS pada button, pengunaan AS pada movie clip selalu diikuti dengan event. Jadi AS tersebut akan dijalankan pada saat event berlangsung. Bila ingin membuat AS pada movie clip, clik movie clip hingga muncul tulisan Action – Movie Clip di atas docker AS seperti gambar dibawah ini. Lalu ketik listing program pada tempat yang disediakan. Perhatikan gambar berikut.
Gambar pada lingkaran merah dibawah ini menunjukkan bahwa AS yang dibuat dipasang pada movieclip.


Pada gambar diatas terlihat mengunakan event enterframe yang berarti pada setiap mc menjalankan frame akan menjalankan script yang ditulis. Ada beberapa event yang lain misalnya :
  • Load : Saat movie clip loading
  • EnterFrame : Setiap movie clip menjalankan frame
  • Unload : Saat movie clip di unload
  • Mouse down : Setiap klik mouse di tekan
  • Mouse up : Setiap klik mouse di lepas setelah di klik
  • Mouse move : Setiap mouse digerakkan
  • Key down : Setiap tombol keyboard ditekan
  • Key up : Setiap tombol keyboard dilepas setelah ditekan
Cara membuat AS di button
  1. Buat movie clip
  2. Klik movie clip tersebut lalu pastikan kalau Action yang akan ditulis berada pada movieclip dengan membuktikan seperti gambar diatas.
  3. Tuliskan scrip dibawah ini
  4. onClipEvent (enterFrame) { mc2._rotation += 15; }
  5. Test Movie dengan menekan kontrol enter dan perhatikan perubahan yang terjadi pada movieclip.
Bila sobat tidak melakukan kesalahan, sobat akan membuat animasi seperti dibawah ini


Belajar AS Flash Dasar #4 : _parent dan _root

Pada postingan kali ini Admin akan sharing cara membuat perintah dari root ke dalam movie clip atau sebaliknya. Dalam flash, semua perintah atau script digunakan untuk properties object yang ada di root. Demikian pula dengan besaran atau variabel ada pada root dan berdeda atau tidak berhubungan dengan segala hal yang ada di dalam movie clip. Tidak bisa dihubungkan dengan cara biasa tetapi harus ada perintah khusus, begitu pula untuk perintah-perintahnya. Misalnya sobat akan memerintahkan objek/mc di dalam mc untuk bergerak, sedangkan perintahnya ingin sobat letakkan di root. Untuk kondisi sebalinya juga dapat dilakukan.
Untuk mempelajari postingan ini, sobat harus bisa mengunakan flash dengan drawing flashnya, bila tidak silahkan baca postingan
Admin ini. Selain itu sobat harus memahami action script dasar flash dasar, bila tidak silahkan pelajari postingan Admin ini.
Untuk memudahkan coba perhatikan ilustrasi dibawah ini :
Dalam ilustrasi diatas, root (stage utama) terdapat movie clip 1(mc1) dan mc2. Bila kita masuk ke dalam mc1 akan terdapat mca. Pada root, movie clip 1, movie clip 2 dan movie clip a masing - masing memiliki time line yang tidak saling berhubungan, demikian pula dengan segala yang berhubungan dengan action script. Misalnya kita memasang AS di time line root hanya bisa merubah properties mc 1 dan mc 2. Demikian pula dengan AS yang ada dalam time line mc1 hanya dapat mengubah properties pada mc a tanpa dapat merubah mc 2 yang ada di root.
Perintah untuk mca yang ada di dalam mc1 bisa dilakuakan dengan script berikut
mc1.mca.stop;

Perintah untuk mc2 tetapi script ada di dalam mca bisa dilakuakan dengan script berikut
_root.mc2.stop;

Sedangkan untuk menghentikan time line mc1 sedang script ada di mca dengan cara berikut.
_parent.root.mc1.stop;

Hal ini juga berlaku untuk variable, gunakan nama mc untuk mengunakan variable yang ada di dalam mc dan mengunakan "_parent untuk mengunakan variabel 1 tingkat diatasnya atau mengunakan "_root" untuk ke tingkat utamanya
Untuk lebih jelasnya silahkan mencoba membuat animasi dengan mengikuti langkah berikut.
  1. Buat gambar bola dengan ukuran 20x20 seperti pada animasi dibawah, kemudian ubah menjadi mc dengan klik kanan confert to symbol. Jangan lupa memberi nama instan (mis bola)
  2. buat gambar kotak (ukuran dalam 120x120) yang mengelilingi bola seperti pada animasi dibawah. Kemudian kedua object (bola dan Kotak) di ubah menjadi mc dengan cara sama seperti langkah sebelumnya. Jangan lupa diberi instan name (mis kotak).
  3. Gambar yang dibuat memiliki struktur bola menjadi seperti mca dan kotak seperti mc1.
  4. Buat tombol dan masing masing diberi instan name atas, bawah, kiri dan kanan.
  5. Pada time line root pasangkan AS seperti dibawah ini
    naik.onRelease = function() {
    kotak.bola._y -= 10;
    };
    turun.onRelease = function() {
    kotak.bola._y += 10;
    };
    kiri.onRelease = function() {
    kotak.bola._x -= 10;
    };
    kanan.onRelease = function() {
    kotak.bola._x += 10;
    };
  6. Masuk ke dalam time line "kotak" dengan mendouble klik kotak dan selanjutnya clik mc bola dengan maksud akan memasang AS pada mc ini dengan script dibawah ini
    onClipEvent (enterFrame) {
    if (_x>50) {
    _x = 50;
    _parent._x += 10;
    }
    if (_x<-50) { _x = -50; _parent._x -= 10; } if (_y>50) {
    _y = 50;
    _parent._y += 10;
    }
    if (_y<-50) { _y = -50; _parent._y -= 10; } }
  7. Simpan percobaan sobat
dan tekan ctrl-enter untuk mencobanya. Hal diatas hanyalah sebagai contoh, dan dalam penerapanya dapat digunakan untuk perintah yang lain dan pemanfaatan yang lain




Keyword Post :
Adobe Flash, Contoh pemanfaatan action script, belajar actionscript, perintah ke dalam movie clip, _parent, _root, membuat perintah di movie clip untuk root

Belajar Action Script Flash Dasar #5; gotoAndPlay

Goto adalah perintah yang banyak terdapat pada berbagai bahasa pemrograman. Tak terkecuali pada Action Script Flash. Bahkan pada AS Flash goto ada berbagai macam. Pada pokoknya ada 2 macam goto yang dibedakan karena proses melompatnya yaitu :
gotoAndPlay perintah ini digunakan untuk melompat ke suatu tempat dan langsung berjalan ke frame berikutnya atau animasi tetap berjalan tanpa berhenti.
gotoAndStop perintah ini digunakan untuk melompat ke suatu tempat dan berhenti, jadi setelah melompat ke tempat tertentu animasi akan berhenti.
Selain ke 2 perbedaan di atas, goto juga dibedakan tujuannya/typenya.
Frame Number pada type ini perintah goto diikuti dengan angka numerik yang menunjukkan ke frame berapa animasi harus melompat.
Frame Label pada type ini perintah goto diikuti dengan nama/label frame yang berarti animasi akan melompat ke nama/label frame yang sesuai.
nextFrame () pada type ini perintah goto yang berarti melompat dan berhenti ke frame berikutnya.
preFrame () pada type ini perintah goto yang berarti melompat dan berhenti ke frame sebelumnya.

Contoh Penerapan
Untuk lebih jelasnya mari kita membuat contoh aplikasinya. Perhatikan gambar dibawah ini.

Pada gambar di atas diperlihatkan sebuah tampilan menu utama. Perhatikan pada timelinenya, disana terlihat ada 1 layer untuk Action Script, 3 layer untuk tombol navigasi dimana masing masing tombol memiliki saat tampil yang berbeda-beda, tombol isi yang masing-masing keyframe hanya ada 1 frame dan layer background yang sama pada setiap frame.
Pada intinya ada 3 kelompok frame yaitu 1 kelompok yang terdiri dari 1 frame tampilan menu utama dan 2 kelompok frame materi yang berlabel hohm dan hkir. Pada frame 1 atau menu utama hanya ada Action Script
mc1.mca.stop;

Selain itu tampilan utama ada dua tombol yang digunakan untuk memilih menu. 1 tombol digunakan untuk lompat ke materi "hukum Ohm" dengan Action Script
on (release) {
gotoAndStop("hohm");
}

Tombol yang kedua digunakan untuk lompat ke materi "Hukum Kirchhoff" dengan action Sciprt
on (release) {
gotoAndStop("hkir");
}

dari kedua actionscript diatas dapat diartikan untuk melompat dan berhenti di frame yang berlabel "hohm" dan "hkir".


Pada gambar di atas memperlihatkan tampilan materi yang berisi 3 tombol navigasi dimana masing masing tombol memiliki masa tampil yang berbeda-beda. Untuk tombol home berisi Acrionscript
on (release) {
gotoAndStop(1);
}

Untuk tombol back berisi Acrionscript
on (release) {
prevFrame();
}

Untuk tombol next berisi Acrionscript
on (release) {
nextFrame();
}

Untuk lebih jelasnya silahkan dicoba hasil kerja dibawah ini :



Mungkin ada akan menanyakan bagaimana bila dalam materi ada unsur animasi? Dalam pemanfaatan ini timeline pada root digunakan untuk mengelola kelompok-kelompok tampilan. Bila menginginkan animasi, simulasi masuk ke dalam materi, kita dapat membuatnya di dalam movie clip, jadi semua media baik animasi maupun simulasi dikemas dahulu menjadi movie clip. Untuk membuat Quisnya, sobat juga harus membuatnya dalam movie clip dan cara membuat quisnya ada dapat mempelajari di postingan ini. Sedangkan simulasinya sobat juga dapat mempelajari di postingan lainnya.
Bagaimana dengan FlashLite? ... sama! Semua action script dapat berjalan di flash lite.

Keyword Post :
Adobe Flash, Contoh pemanfaatan action script, belajar actionscript, perintah gotoAndStop, gotoAndPlay, membuat media pembelajaran

Belajar Action Script Flash Dasar #6 : Text Field

Text Field adalah sesuatu yang penting pada bahasa pemrograman, begitu pula pada flash. Text field dalam flash dapat dimanfaatkan menjadi tiga hal, yaitu teks untuk tampilan, tek untuk input dan teks untuk keluaran. Pada postingan kali ini akan dibahas berbagai bentuk text field dan contoh pemanfaatan dalam suatu program. Untuk masalah text field ini tidak ada perbedaan antara flash dan flash lite. Jadi semua script di postingan ini berlaku pula untuk flash lite, yang membedakan hanya ukuran stage saja.
Untuk mempelajari postingan ini tentu saja sobat harus bisa mengambar dengan flash, pemrograman dasar actions script dan flash lite untuk aplikasi handphone. Ada 3 type text field yang ada di flash. 3 text field itu adalah :
Ststic Text
Text Field ini adalah teks diam yang tidak dapat diubah isinya secara script. Jadi teks ini adakan sama saat membuat maupun saat program berjalan.
Dinamic Text
Text field ini adalah teks yang isinya dapat diubah secara action script. Jadi teks ini dapat digunakan sebagai teks yang merupakan output hasil pengolahann variabel dalam action script.
Input Text
Text field ini adalah teks yang isinya dapat digunakan untuk mengisi variabel. Jadi teks ini dapat digunakan sebagai teks yang digunakan sebagai sarana memasukkan isi variabel dalam action script.
Perhatikan gambar dibawah ini:


Dalam gambar diatas diperlihatkan properties sebuah text field type input. Ada 4 hal penting dapal properties text field yaitu
  1. Type Text Field adalah Static Text, Dinamic Text dan Input Text(sudah dijelaskan diatas)
  2. Auto Kern sebuah fungsi untuk text type string, untuk tipe numerik tanda centangnya di hilangkan agar tidak mengacaukan program
  3. Memberi background segi empat untuk dinamic dan input text
  4. Variabel yang dipasangkan untuk text field pada type dinamic dan input text
Contoh Aplikasi
Buatlah tampilan seperti gambar dibawah ini.


Teks yang tampil adalah text static sedang 3 segi empat adalah 2 input text field pada 2 di atas dengan variabel "bil1" dan "bil 2" dan 1 input text field ada dibawah dengan variabel "hasil". Kemudian diantara input text dan dinamic text ada empat tombol yang merupakan perintah untuk mengelola 2 bilangan.
Action Script untuk tombol "+"
on (release) {
hasil = Number(bil1)+Number(bil2);
}

Action Script untuk tombol "-"
on (release) {
hasil = bil1-bil2;
}

Action Script untuk tombol "x"
on (release) {
hasil = bil1*bil2;
}

Action Script untuk tombol "/"
on (release) {
hasil = bil1/bil2;
}

Hasil akhirnya dapat di lihat pada animasi di bawah ini




Keyword Post :
Adobe Flash, Adobe Flash Lite, Action script untuk Text Field, static text, dinamic text, input text, membuat simulasi rumus.

7 Keajaiban Dunia

1. Grand Canyon
Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Presiden Theodore Roosevelt merupakan salah satu pendukung utama wilayah Grand Canyon, mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.
Jurang ini, diciptakan oleh Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun, panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.

Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol. Ekspedisi saintifik pertama ke canyon ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an. Powell menunjuk ke batuan sedimen yang terbuka di jurang sebagai “daun dalam buku cerita agung”. Namun, jauh sebelum masa itu, wilayah ini telah ditinggali oleh Penduduk Asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok jurang ini
Grand Canyon
Keajaiban Dunia
2. Great Barrier Reef/Karang Penghalang Besar
Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).
Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.
Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.
Great Barrier Reef
Karang Penghalang Besar
3. Mount Everest
Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet puncaknya berada di Tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m. Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia.
Mount Everest
gunung tertinggi di dunia
4. Air Terjun Victoria
Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1 mil (1,6 km), dengan ketinggian 128m (420 kaki).
David Livingstone, penjelajah Skotlandia, mengunjungi danau ini pada 1855 dan menamakannya atas nama Ratu Victoria, sedangkan nama lokalnya adalah Mosi-oa-Tunya, “asap menggelegar.” Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe, dan juga Situs Warisan Dunia UNESCO. Air terjun ini merupakan obyek wisata utama di Afrika Selatan.
Air Terjun Victoria
5. Northern Lights
Salah satu keajaiban dunia adalah Northern Lights atau dikenal juga dengan istilah Aurora Borealis. Kejaiban cahaya warna-warni ini terbentuk akibat interaksi lapangan magnetik di Bumi dengan partikel matahari.
Northern Lights
6.Volkano Paricutín
Volkano Paricutín, adalah sebuah gunung berapi yang terdapat di negara bagian Michoacan, Meksiko. Sebelum tahun 1943 gunung berapi ini tidak ada, namun tiba-tiba terdapat aktivitas vulkanik yang mengakibatkan orang-orang di sekitar sana mengungsi, gunung muda itu terus bertambah tinggi, dalam sehari menjadi 50 meter dan saat ini aktivitasnya bisa dikatakan berhenti, dan ketinggian gunung mencapai 336 meter.
Volkano Paricutín
7. Pelabuhan Rio de Janeiro
Rio de Janeiro (bermakna “Sungai Januari” dalam bahasa Portugis) adalah ibu kota Negara Bagian Rio de Janeiro di Brasil bagian tenggara.Kota ini mempunyai luas sebesar 1.256 km² dan penduduk sekitar 6.150.000 juta jiwa (2004).Sekitar 10 juta orang tinggal di wilayah metropolitan Rio de Janeiro Raya, yang saat ini merupakan kota terbesar keempat di dunia.
Letak pelabuhan Rio De Janeiro sangat unik yaitu tepat berada di ujung muara sungai antara pertemuan laut dan sungai, selain kota pelabuhan kota tersebut juga mempunyai letak dan pemandangan geografis yang sangat indah, Brazil ditemukan dan dijajah oleh portugis pada tahun 1565 sehingga budaya , bahasa, kebiasaan, juga makanan mengacu kepada negara portugal yaitu karena adanya ikatan bathin antara dua negara tersebut.
Pelabuhan Rio de Janeiro

Cara Mengganti atau Mengubah Tema/Tampilan Facebook Juni 2013

Cara Mengganti atau Mengubah Tema/Tampilan Facebook Juni 2013 - Bosan dengan tema FB yang lama . saya punya solusi biar tidak bosan dengan tema facebook yaitu Mengganti Tema Facebook yang lebih keren. silahkan ikuti tutorial berikut :

1. Silahkan Masuk ke sini
2. Pilih Template yang ingin anda pakai .saya contohkan Faceblack

3. Kemudian klik pada tulisan Install with Stylish, kemudian tunggu dulu..lihat gambar ini
Cara Mengganti Tema/Tampilan Facebook Juni 2013
4. Setelah Langkah diatas akan muncul Install user style .kemudian Klik Install
Cara Mengganti Tema/Tampilan Facebook Juni 2013
5. Setelah selesai , Kemudian Lihat Facebook Anda .. Warna fb anda akan berubah.
NB : Jika Anda ingin Mengembalikan Tampilan/Tema facebook ikuti langkah dibahaw ini.
1. Pilih Tab Menu Tools
2. Kemudian Pilih Add-Ons
3. Klik tab User Styles
4. Kemudian Disable pada style yang anda pakai tadi .
5. Dan Terakhir Remove atau Hapus style .
Ada sedikit screenshotnya :
Cara Mengganti Tema/Tampilan Facebook Juni 2013

Cara Mengganti Tema/Tampilan Facebook Juni 2013

Cara Mengganti Tema/Tampilan Facebook Juni 2013
Sekian Artikel Cara Mengganti Tema/Tampilan Facebook Juni 2013 semoga bermanfaat.

Download Template Blogger Anime Terbaru

Download Anime Template Blog keren untuk blogspot/blogger Date A Live

Scholovers Blogger | Hai sobat, ada template baru neh. Ini adalah template yang disediakan di situs BTemplates.com lho. Templatenya keren, lucu, bagus, ringan, dan seo friendly loh sob.

Adapun feature-feature-nya adalah sebagai berikut:
Date A Live adalah Template Blogger Premium Gratis dengan 2 kolom, sidebar kanan, galeri-styled, desain web 2.0, sempurna untuk photologs, tampak segar, sudut membulat, desain eksklusif untuk Blogger, kolom footer, ikon sosial bookmark, posting thumbnail, penurunan down menu, breadcrumb, posting terkait, threaded comments ready dan vectorial elements. Tata letak yang sangat baik untuk blog tentang anime, fantasi, permainan, anak-anak, anak-anak atau fotografi.
Jika sobat tertarik, Silahkan Download templatenya di bawah ya :)

        Preview       

Foto dan Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013

Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013
Foto dan Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013 - Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan adalah aktor dan penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan anggota dari boy band, Coboy Junior. Kariernya dalam dunia entertainment diawali dari perannya sebagai Trapani dalam Musikal Laskar Pelangi pada tahun 2010-2011. Di tahun 2011 Iqbaal mulai bermain di layar lebar yang berjudul "5 Elang" sebagai Rusdi Badrudin. Dia juga merupakan anggota grup boy band Coboy Junior. Saat ini Iqbaal sedang terlibat dengan sinetron Hanya Kamu. Selain itu Iqbaal juga sudah mengeluarakan single yang berjudul Terima Kasih .

Foto dan Biodata Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan
Nama Lengkap: Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan
Nama Panggilan: Iqbal
Tempat & Tanggal Lahir: Surabaya, 28 Desember 1999
Zodiak: Capricorn
Agama: Islam
Sekolah: SDIT Al-Muhajirin
Cita-cita: Ingin jadi Ustadz
Warna Favorit: Ungu, Putih
Twitter: @iqbaale
Fans Page: Official FanPage – Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan
Karir: Musikal Laskar Pelangi sebagai Trapani, Film layar lebar 5 Elang sebagai Rusdi

Koleksi Foto Iqbal Coboy Junior
Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013

Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013

Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013

Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013

Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013

Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013
Sekian Postingan Biodata Iqbal Coboy Junior dan Foto Terbaru 2013 semoga bermanfaat
Diberdayakan oleh Blogger.